Menggunakan Teknologi Informasi Untuk Serta Ikut Dalam Perdagangan
Elektronik
Electronic
Commerce (Perniagaan Elektronik),
sebagai bagian dari
ElectronicBusiness (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic
transmission), oleh paraahli dan pelaku bisnis dicoba dirumuskan definisinya.
Secara umum e-commerce dapatdidefinisikan sebagai segala bentuk transaksi
perdagangan/perniagaan barang atau jasa(trade of goods and service) dengan
menggunakan media elektronik.
A.
PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK
1.
Definisi
Perdagangan Elektronik (Electronik Commerce / E-Commerce)
Secara sempit perdagangan
elektronik didefinisikan sebagai transaksi-transaksi bisnis yang berhubungan dengan
pelanggan dan pemasok, yang menghubungkan komputer mereka masing-masing melaui
internet. Dengan definisi seperti ini mengartikan bahwa hanya
transaksi-transaksi yang melintasi batas perusahaan saja yang dapat di
klasifikasikan sebagai e-commerce. Jika suatu transaksi tetap berada di dalam
batas perusahaan, orang-orang ini akan menyebutnya sebagai transaksi bisnis
elektronik.
Sedangkan secara luas, e-commerce merupakan bagian dari e-business,
yakni e-commerce dapat memfasilitasi operasi internal maupun eksternal
perusahaan dan tidak hanya sekedar perniagaan. Dalam pandangan ini, istilah
bisnis elektronik dan perdagangan elektronik akan sama. Banyak operasi
perusahaan adalah internal, dilaksanakan di dalam batas perusahaan oleh bidang
bisnis keuangan, sumber daya manusia, layanan informasi, produksi, pemasaran,
dll. Bisnis telah mengalami penyebaran fisik, dengan pabrik yang berlokasi di
berbagai daerah, atau bahkan di berbagai negara. Bidang bisnis itu sendiri juga
bertindak sebagai pemasok atau pelanggan ke bidang – bidang organisasi yang
lain. Dalam definisi luas ini, suatu transaksi bisnis yang menggunakan akses
jaringan, sistem berbasis komputer, dan antarmuka (interface) sebuah browser
Web akan memenuhi persyaratan sebagai perdagangan elektronik (e-commerce).
2.
Pengelompokan E-Commerce
a.
Business-to-consumere-commerce, E-commerce bisnis-ke-konsumen (B2C) = mengacu pada
transaksi-transaksi yang terjadi
antara sebuah bisnis
dan konsumen akhir produk. Contohnya :
Barners&Noble.com, yang menjual
buku, perangkat lunak, dan music kepada konsumen individu.
b.
Business-to-business e-commerce, e-commerce bisnis-ke-bisnis (B2B) =
mencakup penjualan barang-barang dan jasa antar bisnis. Contohnya :
Milpro.com, Milacron Inc, Web site yang menjual alat-alat potong, roda gerinda,
dan alat-alat berat ke lebih dari 100.000 bisnis mesin kelas kecil.
c.
Consumer-to-consumer e-commerce
(C2C) = mancakup konsumen yang
menjual secara langsung kepada
konsumen. Misalnya, eBay,
Web site raksasa penyedia jasa
lelang, memungkinkan orang-orang
menjual barang-barangnya ke
konsumen lain dengan cara melelangnya.
d.
Business-to-government
(B2G)
e.
Business Processes = informasidipakaibersama
3.
Keuntungan E-Commerce
a.
Bagikonsumen:
hargalebihmurah, belanjacukuppadasatutempat.
b.
Bagipengelolabisnis:
efisiensi, kesalahanberkurang, tepatwaktu.
c.
Bagimanajemen:
peningkatanpendapatan, loyalitaspelanggan.
4.
Manfaat-manfaat yang Diharapkan dari E-Commerce
Perusahaan
melaksanakan e-commerce untuk
dapat mencapai perbaikan
organisasi secara keseluruhan. Perbaikan-perbaikan ini diharapkanmerupakan
hasil dari tiga manfaat utama, yaitu
a.
Peningkatan
pelayanan kepada pelanggan
sebelum, selama, dan
sesudahtransaksi
b.
Peningkatan hubungan dengan pemasok dan masyarakat
keuangan
c.
Peningkatan keuntungan bagi para pemegang saham
dan pemilik investasi.
5.
Kendala E-Commerce
Perusahaan yang
telah mengimplementasikan system
inimenggunakannya terutama untuk
melakukan transaksi dengan
pemasokdan pelanggan. Proses-proses utama yang dilakukan antara lain
pemesananbarang, transfer pembayaran,
dan tagihan. Ketika
ditanyakan ketidak ikut sertaan
perusahaan-perusahaan ini dalam
e-commerce, adatiga kendala yang
diketemukan, yaitu :
a.
Biaya tinggi
b.
Masalah keamanan
c.
Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak
tersedia
B.
INTELEGENSI BISNIS
Inteligensi
bisnis adalah aktivitas pengumpulan informasi mengenai unsur-unsur di dalam
lingkungan yang berinteraksi dengan perusahaan.
1.
Basis Data Eksternal
Perusahaan menggunakan berbagai basis data
untuk mendapatkan kecerdasan bisnis karena ia lebih cepat dan lebih murah. Ex :
www.reuters.comutkmencariberitadgnsubjekygdiminatiolehperusahaan.
2.
Mesin Pencari
Mesin pencari
(search engine) adalah suatu program komputer khusus yang menanyakan satu kata
atau kelompok kata kepada pengguna untuk dicari. Ex : www.google.com.
C.
STRATEGI PERDAGANGAN
MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK
1.
SistemAntarOrganisasi
(Interorganizatonal System-IOS)
IOS (Interorganizational
System) sistem antar organisasi, kadang-kadang disebut sistem informasi
antar organisasi, adalah suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait
sehingga mereka berfungsi sebagai suatu sistem tunggal yang bekerja sama untuk
mencapai tujuan bersama. Perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra
dagang atau mitra bisnis.
ManfaatsecaralangsungIOS :
a.
Efisiensikomparatif,
dapatmenyediakanbarangdanjasalebihmurahdaripesaing
·
Efisiensi internal, perbaikan-pebaikandalamperusahaan
·
Efisiensiantar-organisasi, perbaikan-perbaikan yang
diperolehmelaluikerjasamadenganperusaahaan lain
b.
Kekuatantawarmenawar,
kemampuansuatuperusahaanuntukmenyelesaikanperselisihandenganpemasokdanpelanggan
yang menguntungkandirinya. Kekuatanituberasaldaritigametodedasar:
·
Keistimewaanproduk yang unik
·
Penurunanbiaya yang berhubungandenganpencarian
·
Peningkatanbiayaperalihan
ManfaatsecaratidaklangsungIOS :
a.
Mengurangikesalahan
b.
Mengurangibiaya
c.
Meningkatkanefisiensioperasional
d.
Meningkatkankemampuanbersaing
e.
Meningkatkanhubungandenganmitradagang
f.
Meningkatkanpelayananpelanggan
2. Pertukaran
Data Elektronik (Electronic Data
Interchange - EDI)
Pertukaran data
elektronik (EDI) adalah transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat
dibaca mesin secara langsung dari komputer ke komputer diantara beberapa
perusahaan. Transmisi tersebut memungkinkan data ditransmisikan dan diterima
tanpa pengetikan ulang.Ada duastandarutamaEDI :
a.
The American National Standards Institute standar ASC
X 12 digunakan di Amerika Utara
b.
The EDIFACT International Standards digunakan di Eropa
D. TEKNOLOGI
PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIKA
Menurut Raymond
Mcleodkomunikasi data
adalahbidangkomputasi yang sedangmendapatkanperhatianpentingbesar, dengan
internet dalamsorotan. Internet
membukaberbagaipeluangbarudihampirsemuaperusahaan-perusahaan yang
inginmembangunsistemantarorganisasidenganmenggunakan EDI,
beberapateknologijugadapatdipertimbangkan.
Ada tigapilihanteknologiutamasambunganlangsung (Direct
Connectivity), jaringanbernilaitambah (Value Added Network) dan internet.
1.
SambunganLangsung
Perusahaandapatmembentukkaitankomunikasi
data dengan para mitra dagangnyadenganmenggunakansirkuit yang
disediakanolehpenyedia jasa komunikasiumum.
2.
JaringanBernilaiTambah
Jaringanbernilaitambah
(Value Added Network) disediakanolehpenjual yang
bukanhanyamenyediakansirkuittetapijugamenyediakanbanyak jasa yang
diperlukanuntukmenggunakansirkuititubagi EDI.
3.
Internet
Internet
memungkinkansuatujaringankomunikasi global yang tidakhanyamenghubungkan para
mitra dagangtetapijugamencakup para pelanggan.
Sebagianbesarkebangkitanperdaganganmelaluijaringanelektronikdiharapkanberasal
dari perusahaan-perusahaan yang akan mempromosikan dan
dalambeberapakasusmengirimkanprodukmerekamelaui internet.
E. KEAMANAN INTERNET
Spesialis keamanan
jaringan telah menerapkan
strategi kontraktor, termasuk
istilahnya.Keamanan internet dapat
dicapai dengan menggunakan firewall, yang
merupakan suatu filter
yangmembatasi arus data
antara jaringan internal
perusahaan dan internet.
Ide dibalik firewall adalahmembangun sutu
pengaman untuk semua
komputer di dalam
jaringan daripada pengamanan
yangterpisah untuk tiap komputer.
F. APLIKASI BISNIS DI INTERNET
Internet dapat
digunakan untuk aplikasi
bisnis apapun yang
melibatkan komunikasi data,termasuk
komunikasi didalam perusahaan
maupun dengan lingkungan.
Banyak perusahaanmenggunakan
intenet untuk komunikasi internal, suatu aplikasi yang disebut Intranet.
Internet menawarkan
beberapa keunggulan dibandingkan
berbagai jenis jaringan
yang telahdigunakan perusahaan
selama bertahun-tahun jaringan
yang dinamakan jaringan
setempat (LocalArea
Network), jaringan perkotaan (Metropolitan Area
Network) dan jaringan
luas (Wide AreaNetwork).
G. KEUNTUNGAN PERDAGANGAN ELEKTRONIK
Perdagangan secara
elektronik menawarkan kepada
perusahaan keuntungan jangka
pendekdan jangka panjang. Perdagangan elektronik tidak hanya membuka pasar
baru bagi produk atau jasayang
ditawarkan, mencapai konsumen
baru, tetapi ia
dapat mempermudah cara
perusahaanmelakukan bisnis. Disamping itu, perdagangan elektronik juga
sangat bermanfaat bagi pelanggan ataukonsumen dan masyarakat umum.
Keuntungan Bagi Perusahaan
1.
Memperpendek Jarak
2.
Perluasan Pasar
3.
Perluasan Jaringan Mitra Bisnis
4.
Efisien
Keuntungan Bagi Konsumen
1.
Efektif
2.
Aman secara fisik
3.
Fleksibel
Keuntungan Bagi Masyarakat Umum
1.
Mengurangi Polusi dan Pencemaran Lingkungan
2.
Membuka Peluang Kerja Baru
3.
Menguntungkan Dunia Akademis
4.
Meningkatkan Kualitas Sumber daya Manusia
H. KERUGIAN PERDAGANGAN ELEKTRONIK
Disamping segala
hal yang menguntungkan
diatas, segala sesuatu
ciptaan manusia pastimemiliki sisi negatif. Namun dari segi
positif lebih banyak dari segi negatif. Sebagai langkahantisipasi, kita
perlu memahami beberapa
segi negatif perdagangan
elektronik sebagaiberikut:
1.
Meningkatnya Individualisme
2.
Terkadang menimbulkan kekecewaaan
3.
Tidak Manusiawi
Refensi :
Raymond McLeod, Jr. and
George P. Schell© 2007, Prentice Hall, Inc.ppt
http://baduttumin.files.wordpress.com
http://chain-cane.blogspot.com/2010/10/teknologi-perdagangan-melalui-jaringan.html
http://msherawati.staff.gunadarma.ac.id
http://anoyshoko.wordpress.com/2010/10/30/perdagangan-melalui-jaringan-electronik/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar