Powered By Blogger

Sabtu, 03 November 2012

sistem informasi manajemen


Menggunakan Teknologi Informasi Untuk Serta Ikut Dalam Perdagangan Elektronik
Electronic  Commerce  (Perniagaan  Elektronik),  sebagai  bagian  dari  ElectronicBusiness (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic transmission), oleh paraahli dan pelaku bisnis dicoba dirumuskan definisinya. Secara umum e-commerce dapatdidefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa(trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik.
A.      PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK
1.         Definisi Perdagangan Elektronik (Electronik Commerce / E-Commerce)
Secara sempit perdagangan elektronik didefinisikan sebagai transaksi-transaksi bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok, yang menghubungkan komputer mereka masing-masing melaui internet. Dengan definisi seperti ini mengartikan bahwa hanya transaksi-transaksi yang melintasi batas perusahaan saja yang dapat di klasifikasikan sebagai e-commerce. Jika suatu transaksi tetap berada di dalam batas perusahaan, orang-orang ini akan menyebutnya sebagai transaksi bisnis elektronik.
Sedangkan secara luas, e-commerce merupakan bagian dari e-business, yakni e-commerce dapat memfasilitasi operasi internal maupun eksternal perusahaan dan tidak hanya sekedar perniagaan. Dalam pandangan ini, istilah bisnis elektronik dan perdagangan elektronik akan sama. Banyak operasi perusahaan adalah internal, dilaksanakan di dalam batas perusahaan oleh bidang bisnis keuangan, sumber daya manusia, layanan informasi, produksi, pemasaran, dll. Bisnis telah mengalami penyebaran fisik, dengan pabrik yang berlokasi di berbagai daerah, atau bahkan di berbagai negara. Bidang bisnis itu sendiri juga bertindak sebagai pemasok atau pelanggan ke bidang – bidang organisasi yang lain. Dalam definisi luas ini, suatu transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan, sistem berbasis komputer, dan antarmuka (interface) sebuah browser Web akan memenuhi persyaratan sebagai perdagangan elektronik (e-commerce).
2.         Pengelompokan E-Commerce
a.         Business-to-consumere-commerce, E-commerce  bisnis-ke-konsumen  (B2C) = mengacu  pada  transaksi-transaksi  yang  terjadi  antara  sebuah  bisnis  dan konsumen  akhir  produk. Contohnya  :  Barners&Noble.com,  yang  menjual  buku, perangkat lunak, dan music kepada konsumen individu.
b.        Business-to-business  e-commerce, e-commerce  bisnis-ke-bisnis    (B2B) =  mencakup penjualan barang-barang dan jasa antar bisnis. Contohnya : Milpro.com, Milacron Inc, Web site yang menjual alat-alat potong, roda gerinda, dan alat-alat berat ke lebih dari 100.000 bisnis mesin kelas kecil.
c.         Consumer-to-consumer  e-commerce  (C2C) = mancakup  konsumen  yang  menjual secara  langsung  kepada  konsumen.  Misalnya,  eBay,  Web site  raksasa  penyedia jasa  lelang,  memungkinkan  orang-orang  menjual  barang-barangnya  ke  konsumen lain dengan cara melelangnya.
d.        Business-to-government (B2G)
e.         Business Processes = informasidipakaibersama
3.         Keuntungan E-Commerce
a.         Bagikonsumen: hargalebihmurah, belanjacukuppadasatutempat.
b.        Bagipengelolabisnis: efisiensi, kesalahanberkurang, tepatwaktu.
c.         Bagimanajemen: peningkatanpendapatan, loyalitaspelanggan.
4.         Manfaat-manfaat yang Diharapkan dari E-Commerce
Perusahaan  melaksanakan e-commerce untuk  dapat  mencapai perbaikan organisasi secara keseluruhan. Perbaikan-perbaikan ini diharapkanmerupakan hasil dari tiga manfaat utama, yaitu
a.    Peningkatan  pelayanan  kepada  pelanggan  sebelum,  selama,  dan  sesudahtransaksi
b.    Peningkatan hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan
c.    Peningkatan keuntungan bagi para pemegang saham dan pemilik investasi.
5.         Kendala E-Commerce
Perusahaan  yang  telah  mengimplementasikan  system  inimenggunakannya  terutama  untuk  melakukan  transaksi  dengan  pemasokdan pelanggan. Proses-proses utama yang dilakukan antara lain pemesananbarang,  transfer  pembayaran,  dan  tagihan.  Ketika  ditanyakan ketidak ikut sertaan  perusahaan-perusahaan  ini  dalam  e-commerce,  adatiga kendala yang diketemukan, yaitu :
a.    Biaya tinggi
b.    Masalah keamanan
c.    Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia

B.       INTELEGENSI BISNIS
Inteligensi bisnis adalah aktivitas pengumpulan informasi mengenai unsur-unsur di dalam lingkungan yang berinteraksi dengan perusahaan.
1.    Basis Data Eksternal
Perusahaan menggunakan berbagai basis data untuk mendapatkan kecerdasan bisnis karena ia lebih cepat dan lebih murah. Ex : www.reuters.comutkmencariberitadgnsubjekygdiminatiolehperusahaan.
2.    Mesin Pencari
Mesin pencari (search engine) adalah suatu program komputer khusus yang menanyakan satu kata atau kelompok kata kepada pengguna untuk dicari. Ex : www.google.com.

C.      STRATEGI PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK
1.    SistemAntarOrganisasi (Interorganizatonal System-IOS)
IOS (Interorganizational System) sistem antar organisasi, kadang-kadang disebut sistem informasi antar organisasi, adalah suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai suatu sistem tunggal yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra bisnis.
ManfaatsecaralangsungIOS :
a.         Efisiensikomparatif, dapatmenyediakanbarangdanjasalebihmurahdaripesaing
·         Efisiensi internal, perbaikan-pebaikandalamperusahaan
·         Efisiensiantar-organisasi, perbaikan-perbaikan yang diperolehmelaluikerjasamadenganperusaahaan lain
b.        Kekuatantawarmenawar, kemampuansuatuperusahaanuntukmenyelesaikanperselisihandenganpemasokdanpelanggan yang menguntungkandirinya. Kekuatanituberasaldaritigametodedasar:
·         Keistimewaanproduk yang unik
·         Penurunanbiaya yang berhubungandenganpencarian
·         Peningkatanbiayaperalihan
ManfaatsecaratidaklangsungIOS :
a.         Mengurangikesalahan
b.        Mengurangibiaya
c.         Meningkatkanefisiensioperasional
d.        Meningkatkankemampuanbersaing
e.         Meningkatkanhubungandenganmitradagang
f.         Meningkatkanpelayananpelanggan
2.    Pertukaran Data Elektronik  (Electronic Data Interchange - EDI)
Pertukaran data elektronik (EDI) adalah transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsung dari komputer ke komputer diantara beberapa perusahaan. Transmisi tersebut memungkinkan data ditransmisikan dan diterima tanpa pengetikan ulang.Ada duastandarutamaEDI :
a.         The American National Standards Institute standar ASC X 12 digunakan di Amerika Utara
b.        The EDIFACT International Standards digunakan di Eropa
D.      TEKNOLOGI PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIKA
Menurut Raymond Mcleodkomunikasi data adalahbidangkomputasi yang sedangmendapatkanperhatianpentingbesar, dengan internet dalamsorotan. Internet membukaberbagaipeluangbarudihampirsemuaperusahaan-perusahaan yang inginmembangunsistemantarorganisasidenganmenggunakan EDI, beberapateknologijugadapatdipertimbangkan.
Ada tigapilihanteknologiutamasambunganlangsung (Direct Connectivity), jaringanbernilaitambah (Value Added Network) dan internet.
1.        SambunganLangsung
Perusahaandapatmembentukkaitankomunikasi data dengan para mitra dagangnyadenganmenggunakansirkuit yang disediakanolehpenyedia jasa komunikasiumum.
2.        JaringanBernilaiTambah
Jaringanbernilaitambah (Value Added Network) disediakanolehpenjual yang bukanhanyamenyediakansirkuittetapijugamenyediakanbanyak jasa yang diperlukanuntukmenggunakansirkuititubagi EDI.
3.        Internet
Internet memungkinkansuatujaringankomunikasi global yang tidakhanyamenghubungkan para mitra dagangtetapijugamencakup para pelanggan. Sebagianbesarkebangkitanperdaganganmelaluijaringanelektronikdiharapkanberasal dari perusahaan-perusahaan yang akan mempromosikan dan dalambeberapakasusmengirimkanprodukmerekamelaui internet.

E.       KEAMANAN INTERNET
Spesialis  keamanan  jaringan  telah  menerapkan  strategi  kontraktor,  termasuk  istilahnya.Keamanan  internet  dapat  dicapai  dengan  menggunakan firewall,  yang  merupakan  suatu  filter  yangmembatasi  arus  data  antara  jaringan  internal  perusahaan  dan  internet.  Ide  dibalik firewall  adalahmembangun  sutu  pengaman  untuk  semua  komputer  di  dalam  jaringan  daripada  pengamanan  yangterpisah untuk tiap komputer.


F.       APLIKASI BISNIS DI INTERNET
Internet  dapat  digunakan  untuk  aplikasi  bisnis  apapun  yang  melibatkan  komunikasi  data,termasuk  komunikasi  didalam  perusahaan  maupun  dengan  lingkungan.  Banyak  perusahaanmenggunakan intenet untuk komunikasi internal, suatu aplikasi yang disebut Intranet.
Internet  menawarkan  beberapa  keunggulan  dibandingkan  berbagai  jenis  jaringan  yang  telahdigunakan  perusahaan  selama  bertahun-tahun  jaringan  yang  dinamakan  jaringan  setempat (LocalArea  Network),  jaringan  perkotaan (Metropolitan  Area  Network)  dan  jaringan  luas (Wide  AreaNetwork). 
G.      KEUNTUNGAN PERDAGANGAN ELEKTRONIK
Perdagangan  secara  elektronik  menawarkan  kepada  perusahaan  keuntungan  jangka  pendekdan jangka panjang. Perdagangan elektronik tidak hanya membuka pasar baru bagi produk atau jasayang  ditawarkan,  mencapai  konsumen  baru,  tetapi  ia  dapat  mempermudah  cara  perusahaanmelakukan bisnis. Disamping itu, perdagangan elektronik juga sangat bermanfaat bagi pelanggan ataukonsumen dan masyarakat umum.
Keuntungan Bagi Perusahaan
1.        Memperpendek Jarak
2.        Perluasan Pasar
3.        Perluasan Jaringan Mitra Bisnis
4.        Efisien


Keuntungan Bagi Konsumen
1.        Efektif
2.        Aman secara fisik
3.        Fleksibel
Keuntungan Bagi Masyarakat Umum
1.        Mengurangi Polusi dan Pencemaran Lingkungan
2.        Membuka Peluang Kerja Baru
3.        Menguntungkan Dunia Akademis
4.        Meningkatkan Kualitas Sumber daya Manusia

H.      KERUGIAN PERDAGANGAN ELEKTRONIK
Disamping  segala  hal  yang  menguntungkan  diatas,  segala  sesuatu  ciptaan  manusia  pastimemiliki sisi negatif. Namun dari segi positif lebih banyak dari segi negatif. Sebagai langkahantisipasi,  kita  perlu  memahami  beberapa  segi  negatif  perdagangan  elektronik  sebagaiberikut:
1.        Meningkatnya Individualisme
2.        Terkadang menimbulkan kekecewaaan
3.        Tidak Manusiawi



Refensi :
Raymond McLeod, Jr. and George P. Schell© 2007, Prentice Hall, Inc.ppt
http://baduttumin.files.wordpress.com
http://chain-cane.blogspot.com/2010/10/teknologi-perdagangan-melalui-jaringan.html
http://msherawati.staff.gunadarma.ac.id
http://anoyshoko.wordpress.com/2010/10/30/perdagangan-melalui-jaringan-electronik/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar